Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Neobank : Bank Digital Masa Kini

Review Bank Neo

Review Bank Neo - Siapa sih yang gak tahu Neobank atau Bank Neo Commerce, salah satu bank digital kekinian yang memberikan banyak kemudahan dalam urusan keuangan seperti transfer uang, produk digital, deposito, dan fitur unggulan lain yang tidak kalah menarik.

Jumlah unduhan aplikasi Neobank di Google Playstore saja sudah mencapai angka 10 juta, tidak diragukan lagi kalau aplikasi Neobank ini memang  begitu banyak diminati oleh semua kalangan. Selain itu, pendaftaran rekening Neobank pun cukup mudah karena hanya melalui smartphone saja.

Buat kamu yang masih penasaran dengan Neobank, disini admin akan menjelaskan sekaligus review sedikit tentang Neobank ini mulai dari awal sampai akhir. Jadi, jangan di skip ya 

Apa itu Neobank?

PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) atau yang dikenal Neobank merupakan bank digital terdepan dengan jumlah nasabah terbanyak di Indonesia. Nah, Bank Neo ini sebelumnya dikenal sebagai Bank Yudha Bhakti.

Sebagai tambahan informasi, Bank Neo Commerce telah melayani kebutuhan perbankan nasabah lebih dari 32 tahun dan bertransformasi menjadi bank digital pada pertengahan tahun 2020. Sejak tahun 2015, Bank Neo Commerce telah melantai di Bursa Efek Indonesia sebagai perusahaan terbuka dengan kode saham: BBYB

Nah dari riwayat berdirinya sendiri, Bank Neo sudah ada sejak lama ya sob, dan karena perkembangan zaman yang semakin pesat Bank Neo memutuskan untuk beralih penuh ke Bank Digital yang mudah diakses kapan pun dan dimana pun.

Produk dan Layanan Neobank

Tahukah kamu? setelah berhasil membuat akun Neobank kamu akan mendapat dua rekening yang bisa digunakan untuk keperluan transaksi dan menabung yang mana diantarnya :

Tabungan Neo

Tabungan Neo adalah rekening yang secara otomatis terbentuk setelah kamu berhasil melakukan registrasi di aplikasi neobank. Untuk rekening neobank tidak memiliki kartu debit/ATM atau buku tabungan ya sob. 

Kamu juga dapat menikmati keuntungan bunga dari Tabungan Neo, yaitu bunga 1,5% p.a dihitung dari pokok tabungan yang kamu simpan di rekening neo. Apakah ada biaya admin pada tabungan neo? Kamu tidak perlu khawatir ya sob karena Tabungan Neo ini bebas biaya admin, tanpa ada minimum setoran, dan sangat mudah untuk simpan dan tarik uang.

Tabungan Neo Now

Neo NOW adalah produk tabungan dari Bank Neo Commerce yang fleksibel. Rekening Neo NOW ini sama seperti Tabungan Neo yang mana bisa dijadikan untuk transaksi apapun, yang membedakan dari tabungan Neo NOW adalah besaran bunga yang diberikan yakni sebesar 6%

Jenis tabungan ini bebas biaya admin bulanan dan tidak ada saldo minimum atau mengendap yang tentunya dapat menghemat uang kamu ya sob. Dan untuk keuntungan bunga 6% ini akan cair setiap harinya.

Deposito Neo Wow

Deposito Neo Wow adalah produk tabungan berjangka yang diluncurkan oleh Bank Neo Commerce dengan keuntungan bunga yang tinggi. Keuntungan bunga tersebut akan cair sesuai dengan jangka waktu yang telah dipilih, misal 7 hari, 1 bulan, 6 bulan, dan seterusnya.

Untuk minimal deposito di BNC sendiri cukup terjangkau ya sob, mulai dari Rp100.000,- sampai Rp200.000,- saja kamu sudah dapat melakukan deposito di Neobank.

Berikut ini adalah besaran keuntungan bunga deposito yang didapatkan sesuai jangka waktu:
  • Tenor 7 hari  = bunga 6.5%
  • Tenor 1 bulan = bunga 7%
  • Tenor 3 bulan = bunga 7.5%
  • Tenor 6 bulan = bunga 7.75%
  • Tenor 12 bulan = bunga 8%
Buat kamu yang masih bingung, gimana sih perhitungan bunga deposito Neobank? Jadi begini rumusnya.

Kamu bisa menghitung keuntungan bunga Neo WOW Instant dengan cara sebagai betikut:
Bunga = Pokok x Suku Bunga x (Masa Simpan/365)
Note: Jumlah hari dalam satu bulan bisa berbeda-beda. Jangka waktu (dalam satuan hari) dihitung berdasarkan tanggal setoran pertama dan tanggal jatuh tempo.
Misalnya pada 1 Agustus 2022 kamu membuka deposito Neo WOW Instant  dengan tenor 1 bulan sebesar Rp1.000.000,-  dan suku bunga yang berlaku adalah 7%

Berdasarkan contoh di atas, tanggal 1 Agustus 2022 merupakan tanggal penempatan dan 31 Agustus 2022 adalah tanggal jatuh tempo. Maka, jangka waktu yang akan digunakan untuk menghitung bunga adalah 31 hari. Sehingga:
Bunga = Rp1.000.000 x 7% x (31/ 365) = Rp5.945,-  Nah jadi dalam sebulan kamu akan mendapatkan keuntungan bunga sebesar Rp5.945 dalam 1 bulan.

Kamu juga dapat memilih jangka waktu sesuai dengan kebutuhan dengan opsi perpanjangan yaitu melanjutkan kontrak deposito ke bulan berikutnya atau tidak diperpanjang yang artinya saldo pokok dan keuntungan bunga langsung masuk ke rekening.

Neo Pinjam

Neo Pinjam adalah layanan pinjaman uang  yang ditujukan untuk pengguna setia BNC. Limit yang ditawarkan BNC dimulai dari Rp2.5 juta hingga Rp. 5 Juta.
Note : Secara pribadi saya belum pernah mencoba layanan Neo Pinjam, karena memang dalam kondisi yang tidak darurat, sehingga saya belum mencoba layanan Neo pinjam tersebut.

Investasi

Di aplikasi Neobank sendiri tersedia layanan investasi emas dan Reksadana yang tentunya dapat diakses mudah cukup melalui smartphone saja ya sob. Gimana menarik bukan?

Apakah Bank Neo Aman?

Bank Neo Commerce aman dan terdaftar resmi di lembaga jasa keuangan (OJK) dan terdaftar juga sebagai anggota lembaga penjamin simpanan (LPS). Jadi tidak perlu ragu untuk membuat akun Neobank dan bertransaksi via Neobank.

Syarat Daftar Bank Neo Commerce

  • Warga negara Indonesia 
  • Memiliki eKTP yang masih berlaku
  • Smartphone yang kompatibel dengan aplikasi
  • Nomor ponsel aktif
  • Email aktif

Cara Daftar Bank Neo Commerce

Cara daftar BNC ini cukup simpel ya sob, cukup unduh aplikasi Neobank di Google Playstore dan biar dapat saldo bonus jangan lupa untuk memasukan kode referral BG5PD2 saat memulai pendaftaran akun Neobank.

Mengenai alur pendaftaran akun Neobank silahkan simak cara caranya berikut ini:
  • Pertama silahkan Download aplikasi Neobank di Google Playstore atau AppsStore
  • Masukkan nomor ponsel kamu
  • Klik 'Kirim OTP'
  • Masukkan OTP
  • Jika kamu punya kode referral, klik 'Saya punya kode referral' lalu masukkan kode referral BG5PD2
  • Klik 'Daftar Sekarang'
  • Tunggu kode OTP yang akan masuk melalui SMS ke nomor yang telah didaftarkan, jadi pastikan nomor ponsel aktif ya sob
Apabila berhasil registrasi, silahkan lanjutkan verifikasi identitas kamu dengan cara:
  • Login ke aplikasi neobank
  • Klik 'Buka Rekening'
  • Foto KTP
  • Pastikan data-data pribadi sudah benar 
  • Lakukan verifikasi wajah
  • Tunggu 1x24 jam untuk hasil pengajuan
Penutup 

Itulah tadi penjelasan serta review Neobank, untuk proses pendaftarannya sendiri cukup mudah karena hanya melalui smartphone, serta dengan syarat eKTP dan verifikasi wajah kita sudah bisa mendaftar rekening Bank Neo dan tentunya tanpa setoran awal.

Apabila sobat ada pertanyaan seputar Neobank silahkan tinggalkan komentarnya ya.