Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara investasi reksadana untuk pemula

Cara investasi reksadana untuk pemula

Cara investasi reksadana untuk pemula - Selamat datang di blog masjhu pada kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara investasi reksadana untuk pemula, buat kalian yang masih awam tentang investasi reksadana yuk ikuti penjelasannya berikut ini sampai selesai.

Sebelum kita lanjut pada cara investasi kita ketahui dulu apa itu investasi, nah secara singkatnya Investasi adalah aktivitas menananmkan modal baik itu berupa uang atau aset berharga lainnya pada suatu lembaga, atau platform dengan harapan pemberi modal atau investor nanti akan mendapatkan keuntungan setelah jangka waktu tertentu. 

Namun perlu di ingat ya, dalam dunia investasi sendiri tidak terlepas dengan yang namanya risiko, maksud risiko yang dimaksud adalah ada kalanya aset atau barang yang kita investasikan tersebut mengalami penurunan pada jangka waktu tertentu. Profil risiko dibagi menjadi 3 bagian yakni konservartif, yang artinya risiko dengan tingkat ringan, moderat dengan level risiko menengah, dan agresif yang risiko nya lebih tinggi. Untuk penjelasan lebih lengkapnya tentang profil risiko, nanti admin akan mengupdatenya pada blog ini.

Apa Itu Reksadana?

Nah sekarang kita berlanjut pada pembahasan reksadana, jadi apa itu reksadana? Reksadana merupakan sebuah paket investasi yang dikelola oleh manajer investasi professional yang sudah berpengalaman di pasar modal. Paket ini akan diisi dengan beberapa jenis investasi seperti saham, obligasi atau pasar uang.

Manajer Investasi adalah pihak yang diberikan kewenangan untuk mengelola dana kamu ke dalam portofolio investasi yang dinamakan reksa dana. Manajer investasi harus mendapatkan izin dari OJK terlebih dulu sebelum bisa mulai mengelola reksadana.

Kamu tidak perlu menjadi ahli dulu untuk bisa mulai, karena semua keputusan investasi sudah dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi. Meski pemula, kamu tinggal mulai investasi dan menikmati keuntungannya saja.

Gimana sih cara mendapatkan untung dari investasi reksadana? Kamu akan mendapakan keuntungan ketika harga reksadana naik. Jadi misalnya, kamu beli reksadana A senilai Rp 100.000 . Lalu setahun kemudian, Reksadana A harganya naik menjadi Rp120.000. Maka jika kamu menjualnya, kamu akan mendapatkan keuntungan Rp 20.000.

Cara investasi reksadana di aplikasi Bibit

Buat kamu yang masih bingung ingin investasi reksadana di platform mana, kamu bisa coba aplikasi Bibit yang dapat kamu unduh aplikasinya melalui Google Playstore. Lalu melakukan registrasi dan melengkapi data yang diperlukan. Apakah Bibit aman? Tentunya aman ya sob, karena Bibit adalah platform resmi yang sudah terdaftat di OJK.

Apabila sudah melengkapi semua data, kamu sudah bisa memulai investasi melalui aplikasi Bibit dengan nyaman.

Ada 4 jenis reksa dana yang dapat dibeli di bibit yaitu:

Reksadana Saham

Yaitu jenis reksadana yang alokasinya sebagian besar berada pada instrumen saham. Jenis reksadana ini memiliki tingkat risiko tinggi yang artinya bisa naik bisa turun pada kurun waktu tertentu (fluktuatif), namun walaupun begitu tingkat keuntungan saat harga sedang naik maka kentungan pun juga ikut naik.

Reksadana Obligasi

Adalah jenis reksadana yang sebagian besar alokasinya berada di instrumen surat utang negara. Tingkat risiko reksadana obligasi yaitu masuk pada kategori risiko menengah atau moderat, dan lebih stabil daripada rekadana saham.

Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang yakni jenis reksadana yang sebagian besar alokasinya berada pada instrumen surat utang jangka pendek dan deposito. Reksadana Pasar Uang atau RDPS ini tingkat risikonya kecil dan lebih stabil dari jenis reksadana lainnya. 

Reksadana Campuran

Yaitu reksadana gabungan yakni mencakup saham, obligasi, dan pasar uang. Dengan adanya gabungan tersebut membuat jenis reksadana ini memiliki risiko yang cenderung moderat atau menengah.

Keuntungan Investasi Reksa Dana diantaranya Adalah:

  • Reksa dana dikelola oleh para manajer investasi secara profesional yang memiliki akses khusus dalam menganalisa peluang investasi, serta keahlian dalam pengambilan keputusan finansial.
  • Investasi di reksadana itu kamu investasi di seluruh paket yang isinya lebih dari satu instrumen. Artinya jika ada satu yang kinerjanya jelek, maka ada puluhan lainnya yang dapat mengimbangi performa investasi kamu.  Resiko kamu lebih terjaga.
  • Investasi terjangkau mulai dari Rp 10.000 saja
  • Investasi reksa dana mudah untuk dicairkan kapan pun tanpa khawatir 
  • Berinvestasi reksa dana di Bibit tidak dikenakan biaya komisi beli dan jual.
  • Reksadana bukan objek pajak jadi seluruh keuntungan kamu dapat kamu nikmati secara utuh.

Demikianlah sekilas informasi tentang cara investasi reksadana di aplikasi Bibit, semoga bermanfaat. Apabila sobat ingin bertanya seputar Reksadana atau ingin menambahkan silahkan komentar dibawah ya.