Thursday, May 2, 2019

Pendidikan SLB Rejang Lebong


Sekolah Luar Biasa bertujuan untuk membantu peserta didik yang menyandang kelainan fisik atau mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai pribadi maupun anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal-balik dengan lingkungan sosial, budaya, dan alam sekitar serta dapat mengembangkan kemampuan dalam dunia kerja atau mengikuti pendidikan lanjutan. Anak dengan kebutuhan khusus yaitu anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi, atau fisik. 

Dengan mengikuti Sekolah Luar Biasa ini, maka seorang siswa akan belajar lebih mandiri, mampu berinteraksi dengan lingkungan serta tak merasa diasingkan. Bahkan banyak Sekolah Luar Biasa yang mampu melahirkan siswa-siswa berprestasi dalam berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMA. Oleh karena itu, maka tak heran jika para guru Sekolah Luar Biasa merupakan guru yang telah benar-benar dipersiapkan sebaik mungkin agar mereka mampu terjun dalam dunia pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus. 



Pendidikan merupakan usaha manusia untuk membina kepribadian sesuai dengan nilai-nilai di masyarakat atau sebagai upaya membantu peserta didik untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, kecakapan, nilai, sikap dan pola tingkah laku yang berguna bagi hidup. Pendidikan bertujuan untuk menumbuhkan dan mempertinggi mutu dan hakekat serta martabat manusia. Oleh karena itu pendidikan sifatnya mempengaruhi bukan menghilangkan, sebab tidak ada yang hilang dalam proses pendidikan. Hanya sifatnya mempengaruhi hal-hal yang kurang baik ke arah yang baik dan memperkembangkan potensi yang positif menjadi maksimal sesuai dengan potensinya. 



Ibu maria salah satu guru yang ada di SLB , sudah mangabdi kurang lebih 32 tahun motivasi ibu maria ingin mengajar di SLB ini untuk  memberikan anak yang menyandang kekurangan fisik dapat merasakan dan mengetahui apa itu pendidikan,  pengetahuan , dan bahkan bisa terampil melebihi seperti orang normal biasanya. Karena orang yang menyandang kekurangan fisik juga memiliki hak untuk mengetahui dan memahami , banyak anak yang memiliki kekurangan fisik seperti tunarunggu, tunagrahita, dan lainya. Karena karakteristik dan hambatan yang dimiliki anak berkebutuhan khusus memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka, contohnya bagi tunanetra mereka memerlukan modifikasi teks bacaan menjadi tulisan braille (tulisan timbul) dan tunarungu berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat (bahasa tubuh). 



Harapan ibu maria untuk sekolah ini dapat memberikan kelayakan pengetahuan, pendidikan, dan kemampupan yang pantas di dapatkan oleh anak yang mempunyai kelaianan fisik, serta tanggapan akan pemerintah untuk membantu SEKOLAH LUAR BIASA ini menjadi lebih maju dan memberikan pendidikan yang bermanfaat seperti anak pada umumnya, serta dapat mevotivasi untuk anak yang lainya untuk lebih giat dan rajin lagi untuk mendalami apa itu pendidikan, pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan. 

Silahkan berkomentar, komentar yang relevan itu mencerminkan karakter asli anda
EmoticonEmoticon