Friday, May 3, 2019

Cara Membuat Halaman Sitemap di Blogger

Pada artikel kali ini kita akan membahas Cara Membuat Halaman Sitemap di Blogger. Sebelum kita berlanjut pada pembahasan kita akan pahami dulu apa itu halaman sitemap. 

Photo by: Kreatikar on pixabay


Halaman Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah. 

Nah dari pengertian diatas dapat diambil kesimpulan, dengan menambahkan halaman sitemap di blog berarti kita sudah memberikan informasi peta lokasi artikel blog kita ke mesin pencari, dengan begitu mesin pencari akan lebih mudah dalam mengindeks artikel yang kita buat tanpa harus men submit artikel secara manual di mesin pencari (Google). 

Seberapa pentingkah sitemap ? 
  
Kalau ditanya seberapa penting, ya sangat penting sekali. Dengan menambahkan halaman sitemap di blog berarti sobat sudah membantu google dalam mengindeks keseluruhan artikel blog sobat, jika artikel sobat berkualitas ya imbas nya artikel sobat langsung dapet page one dari mbah google hehehe. Karena pada dasar nya halaman sitemap itu ibarat denah lokasi rumah, kan kalau ada denah lokasinya pengunjung akan lebih mudah dalam menemukan alamat rumah sobat. 



Ada berbagai cara untuk menambahkan peta situs di blog  blogspot, namun teman-teman bisa mencoba salah satu skrip sitemap dibawah ini. 




Silahkan copy semua skrip/kode diatas kemudian loggin ke dasbor blog sobat, lalu tambahkan halaman baru, tambahkan halaman baru dengan nama "Sitemap" dan pilih mode "HTML"



Setelah kode di paste, silahkan sobat simpan halaman sitemap nya lalu terbitkan. Maka tampilanya akan seperti ini.


Demikian artikel tentang Cara Membuat Halaman Sitemap di Blogger semoga bermanfaat.

Disclaimer : Sebagian informasi dikutip dari laman wikipedia 

Silahkan berkomentar, komentar yang relevan itu mencerminkan karakter asli anda
EmoticonEmoticon