Thursday, March 7, 2019

Sekilas Tentang Kabupaten Bengkulu Tengah


Tahukah kamu ? Bengkulu Tengah merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Bengkulu dengan luas wilayah 1.223.94 Kilometer persegi. Bengkulu tengah adalah kabupaten baru yang telah memekarkan wilayah nya sendiri tepat nya pada tanggal 24 Juni 2008 sesuai dengan keputusan uud no 24 Tahun 2008 , dan sekaligus menjadi kabupaten paling muda di provinsi bengkulu.

Ilustrasi Peta Kabupaten Bengkulu Tengah

Awal mula berdiri nya Kabupaten Bengkulu Tengah

Berawal dari aspirasi yang menginginkan perubahan, masyarakat  Bengkulu Tengah ingin  memisahkan diri dari Kabupaten Bengkulu Utara, sehingga dibentuklah proposal oleh presidium, dan aspirasi dari masyarakat pun mendapat tanggapan positif dari DPRD dan Pemerintah Daerah kabupaten bengkulu utara.
Dari keinginan masyarakat tersebut di bentuklah Keputusan dari DPRD Bengkulu Utara. 

Adapun isi surat keputusan nya sebagai berikut :

- Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara Nomor 31 Tahun 2005 tanggal 26 November 2005 tentang Usul Pemekaran Sebagian Wilayah Kabupaten Bengkulu Utara menjadi Kabupaten Bengkulu Tengah dan Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara Nomor 14 Tahun 2006 tanggal 28 April 2006 tentang persetujuan calon lokasi Ibukota, nama calon Ibukota Kabupaten Bengkulu Tengah.

Dan surat keputusan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara :

- Surat Bupati Bengkulu Utara Nomor 131/329/B.1 tanggal 28 April 2006 tentang Usul Pemekaran Bengkulu Utara, yang ditujukan kepada DPRD dan Pemerintah Propinsi Bengkulu dan  pernyataan  Bupati Bengkulu Utara Nomor 131/399/B.1 tanggal 10 Juli 2006 tentang Kesanggupan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara mengalokasikan dana APBD Kabupaten Bengkulu Utara untuk Kabupaten Bengkulu Tengah.

Namun dukungan tersebut tidak hanya dari pemerintah bengkulu utara saja, Pemprov dan DPRD Bengkulu pun sangat mendukung terkait aspirasi masyarakat bengkulu tengah yang ingin memekarkan wilayah sendiri, yang mana dituangkan dalam Surat Gubernur Bengkulu Nomor 125/3453/B.1 tanggal 1 Juni 2006 perihal Usul Pembentukan Daerah Otonom Baru (Kabupaten Bengkulu Tengah), dan dukungan DPRD Propinsi Bengkulu dituangkan dalam Surat Keputusan DPRD Provinsi Bengkulu Nomor 15/KPTS/DPRD-2006 tanggal 19 Mei 2006 tentang Persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi Bengkulu terhadap pembentukan Kabupaten Bengkulu Tengah.

Setelah mendapat persetujuan dari Pemkab. Bengkulu Utara, DPRD  Bengkulu Utara, Pemprov, dan DPRD Propinsi Bengkulu , pengurus  presidium pun mengajukan usulan pembentukan Kabupaten Bengkulu Tengah ke Pemerintah pusat dan DPR RI.

Kemudian usulan pembentukan Kabupaten Bengkulu Tengah di bahas oleh pemerintah Pusat dan DPR RI yang akhirnya melalui sidang paripurnya tanggal 24 Juni 2008 disahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang pembentukan Kabupaten Bengkulu Tengah untuk menjadi Undang-Undang. Rancangan undang-Undang yang telah disahkan oleh DPR tersebut akhirnya ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono menjadi undang-undang No. 24 tahun 2008 tanggal 21 Juli 2008 dengan Ibukota di Kecamatan Karang Tinggi.

Kabupaten Bengkulu Tengah yang terbentuk dengan UU No. 24 tahun 2008 terdiri dari 6 (enam) kecamatan, yaitu :
1. Kecamatan Taba Penanjung,
2. Kecamatan Pagar Jati,
3. Kecamatan Karang Tinggi,
4. Kecamatan Talang Empat,
5. Kecamatan Pematang Tiga
6. Kecamatan Pondok Kelapa.

Menindaklanjuti UU No. 24 tahun 2008, setelah mendapat persetujuan Menteri Dalam Negeri, Gubernur Bengkulu Agusrin M. Najamudin, ST. pada tanggal 19 November 2008 melantik H. Bambang Suseno, SKM, M.M. menjadi bupati.

Penjabat yang telah  diberi mandat pokok antara lain
1. Membentuk Organisasi Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah yaitu Satuan Kerja Perangkat Daerah yang mengacuh ke PP Nomor 41 Tahun 2007.
2. Menjalankan pemerintahan sebelum bupati definitif terpilih dilantik.
3. Memfasilitasi pemilihan anggota DPRD.
4. Melaksanakan pemilihan Kepala Daerah.

Dalam menjalankan tugasnya Penjabat Bupati telah memekarkan empat kecamatan diantaranya :
1. Kecamatan Bang Haji
2. Kecamatan Pondok Kubang
3. Kecamatan Merigi Kelindang
4. Kecamatan Merigi Sakti

Sehingga di Kabupaten Bengkulu Tengah saat ini telah menjadi 10 Kecamatan.

Daftar Pemerintah yang telah menjabat sebagai bupati dan wakil bupati Bengkulu Tengah


1. H. Bambang Suseno,SKM,MM  (2008-2010)
2. Drs. H. Asnawi A. Lamat (2010 - 2011)
3. H. Nana Sudjana, S.Sos (2011 - 2012)
4. DR. Ferry Ramli, M.H - M. Sabri, S.Sos ( 2012 - 2017)
5. Edyarsyah ( 2016 - 2017)
6. DR. Ferry Ramli, M.H - Septi Feriyadi (Petahana)

Batas wilayah Bengkulu Tengah

Kabupaten Bengkulu Tengah memiliki batas wilayah :

Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Rejang Lebong.
Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Kepahiang.
- Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Seluma.
- Sebelah barat berbatasan dengan Kota Bengkulu

Corak Budaya di Kabupaten Bengkulu Tengah


Kabupaten Bengkulu Tengah memiliki corak kebudayaan dan adat istiadat yang beragam diwarnai oleh berbagai macam suku yang sejatinya sudah lama menetap di Kabupaten Bengkulu Tengah. Berbagai suku yang datang dari luar Kabupaten Bengkulu Tengah, seperti Suku Jawa, Suku Sunda, Batak, dan lain-lain.

Adapun penduduk asli Kabupaten Bengkulu Tengah adalah Suku Rejang dan Suku Lembak.

dan Tiga rumpun suku terbesar yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah adalah:

1. Suku Rejang umumnya tinggal di Kecamatan Taba Penanjung, Kecamatan Karang Tinggi, Pagar Jati, dan Kecamatan Pematang Tiga.

2. Suku Lembak umum nya banyak di Kecamatan Talang Empat, Karang Tinggi dan Kecamatan Pondok Kelapa.

3. Suku Jawa umumnya tinggal di Kecamatan Pondok Kelapa, Pagar Jati dan Kecamatan Talang Empat.

Bahasa sehari hari


Bahasa yang digunakan dalam pergaulan sehari-hari untuk antar suku umumnya menggunakan bahasa Melayu Bengkulu. Untuk komunikasi sesama suku menggunakan bahasa daerah masing-masing suku. Seperti Bahasa Rejang, Bahasa Lembak, Bahasa Serawai, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda dan lain-lain.

Demikianlah artikel tentang sejarah singkat Kabupaten Bengkulu Tengah, Semoga bermanfaat

Disclaimer : Sumber artikel diambil dari
- Wikipedia
- Bengkulutengah.go.id
- Profilkawasan.blogspot.com

2 komentar

Semakin menambah wawasan sekali, Bos. terima kasih artikrl yang bagus ini.

bisa idak bahas bahasa lembak cakmano? sayo tertarik buat belajar. selama ini pakainyo bahasa bengkulu kota. tapi asal sayo dari jawa.

Silahkan berkomentar, komentar yang relevan itu mencerminkan karakter asli anda
EmoticonEmoticon