Sunday, January 6, 2019

Sejarah Kabupaten Rejang Lebong, Bumi Pat Petulai

Kabupaten Rejang Lebong adalah kabupaten yang terletak dibagian timur propinsi Bengkulu yang berbatasan langsung dengan propinsi Sumatera Selatan. Rejang Lebong tadinya adalah kabupaten induk yang meliputi wilayah Lebong dan Kepahiang namun setelah resmi dikeluarkan nya uud pemekaran wilayah, kepahiang dan lebong pun resmi memekarkan wilayahnya sendiri menjadi kabupaten yang baru.


sumber foto : https://id.scribd.com/doc/239761891/Peta-Rejang-Lebong

Adapun sejarah dan awal mula kabupaten Rejang Lebong, yang di rujuk dari situs pemerintah daerah Kabupaten Rejang Lebong ternyata belum dapat menemukan data yang pasti, dikarenakan beberapa faktor. adapun beberapa faktor mengapa sejarah Kabupaten Rejang Lebong belum dapat dipastikan keabsahan nya yang pertama, suku pribumi pada saat itu belum paham tentang periwayatan sejarah, seperti penulisan, bukti arkeolog yang berbentuk prasasti maupun pahatan yang memungkinkan untuk disejarahkan agar diketahui oleh generasi generasi berikutnya.

Hingga saat ini bukti-bukti akan sejarah Rejang Lebong belum ditemukan secara pasti keberadaan nya. Adapun riwayat yang didapat dari beberapa narasumber yang mengaku asli suku rejang lebih dominan dengan kisah kisah fiktif yang sejatinya tidak masuk akal untuk dijadikan patokan .

suasana kota curup Rejang Lebong

Adapun faktor lain seperti yang dilansir dari situs rejanglebongkab.go.id bahwa

- Suku Rejang tidak terlalu mempedulikan masa lampau, tetapi menerima sejarah masa lalu yang diriwayatkan oleh para sejarawan dan cendikiawan asing yang berstatus penjajah. Hal ini juga dihubungkan dengan beberapa oknum suku Rejang yang terlalu percaya diri berpendapat menurut kemauannya sendiri, padahal kemampuan berbahasa Rejang dengan berbagai dialek Rejang yang ada tidak dikuasainya.

- Suku Rejang yang berpartisipasi dalam proyek tersebut juga bukan berstatus orang Rejang asli, apalagi menjalani kehidupan di komunitas suku Rejang yang masih asli.

- Suku Rejang dengan sumber daya alam yang paling dieksploitasi oleh penjajah menjadi daerah yang dijadikan asal usul suku Rejang. Ini disebabkan oleh rekayasa dari para penjajah yang memang memiliki kemampuan membaca dan menulis, sedangkan suku Rejang sangat dibodohkan. Sifat dari penjajah yang seperti ini sudah diketahui oleh para sejarawan Indonesia, yakni penjajah menjauhkan bangsa Indonesia untuk mengetahui ilmu pengetahuan modern. Pengetahuan modern seperti kemampuan ilmu bahasa, ilmu hitung, ilmu filsafat, maupun ilmu-ilmu modern yang lainnya belum didapatkan oleh suku Rejang yang merupakan suku bangsa di Indonesia. Ini terbukti dengan aksara kaganga yang konon merupakan tulisan asli suku Rejang, tetapi pada kenyataan tidak mampu dipahami suku Rejang masa silam hingga masa sekarang. Hal ini juga menumbuhkan keraguan bahwa aksara tersebut adalah asli tulisan suku Rejang yang memang prakarsa suku Rejang itu sendiri.

- Suku Rejang terlalu suka meniru secara tidak kreatif, ini terbukti dengan alat musik tradisional, tari tradisional, rumah adat, adat upacara pernikahan, dan bahkan pakaian adat yang ada semuanya imitasi dari suku bangsa terdekat dan pendatang yang ada di tanah Rejang. Fenomena ini secara kasat mata dapat langsung ditebak oleh setiap pengamatnya, meskipun pengamat tersebut adalah seorang amatir.

Dari beberapa faktor diatas jelas sangat sulit mengetahui sejarah Rejang Lebong yang sebenarnya, namun demikian masih ada satu warisan sejarah yang masih ada sampai sekarang yaitu bahasa rejang , walaupun asal usul sejarah rejang lebong belum dapat ditemukan setidaknya dengan adanya bahasa rejang dapat untuk kedepannya dapat ditelusuri lebih lanjut kedepanya.

Disclaimer : beberapa sumber artikel dirujuk dari website pemda Kab. Rejang Lebong http://rejanglebongkab.go.id adapun cara penyampaian menggunakan sudut pandang penulis

Tags :

rejang lebong
rejang lebong terkini
rejang lebong bengkulu
sejarah rejang lebong
wisata rejang lebong
rejang lebong curup

Silahkan berkomentar, komentar yang relevan itu mencerminkan karakter asli anda
EmoticonEmoticon