Sunday, January 6, 2019

Bukit Dendan, Wisata elok yang hanya tinggal kenangan

Bengkulu adalah salah satu propinsi di pesisir barat pulau sumatera yang memiliki destinasi wisata dan pemandangan alam yang indah. Adapun yang paling populer dibengkulu saat ini adalah Pantai Panjang, Wahana surya,  Air Terjun Kepala Siring Argamakmur , Danau mas harun bastari Curup, dan Kebun teh kabawetan kepahiang.



Bukit Dendan

Namun sayangnya keberadaan tempat wisata yang berada dipelosok provinsi kurang terekspose ke publik dikarenakan beberapa faktor diantara nya :

- belum optimalnya pengolahan tempat wisata oleh pemerintah setempat

- Kurangnya perhatian warga setempat untuk pengembangan tempat wisata

Dari sekian banyak wisata alam dipelosok provinsi yang belum banyak terekspose ternyata ada salah satu wisata alam dengan pemandangan yang eksotis salah satunya dapat kita jumpai di kabupaten kepahiang tepatnya di desa cirebon baru kecamatan seberang musi.

Wisata alam yang kebetulan tidak jauh dari tempat saya tinggal ini merupakan sebuah perbukitan yang yang asri dan indah, masyarakat disini menyebutnya bukit dendan. Sewaktu Kabupaten Kepahiang masih dalam wilayah Rejang Lebong, bukit dendan sempat dijadikan tempat telekomunikasi PT Telkom sebelum akhirnya berakhir saat kepahiang memekarkan diri menjadi kabupaten baru. waktu itu bukit dendan juga sempat menjadi rekreasi favorit masyarakat terutama saat akhir pekan. dan yang paling banyak adalah para remaja.

pemandangan dari atas bukit dendan

Pengunjung dari luar kepahiang pun sering berkunjung kesini untuk sekedar mendaki atau istilah bahasa sekarang hiking. Kadang banyak juga anggota organisasi seperti pramuka, P.A (pecinta alam) ,dan lain lain berkunjung dan berkemah di puncak bukit dendan.

Jarak bukit dendan kalau dari tempat saya tinggal ini kira kira sejauh 6 Km. Kalau berjalan kaki membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam untuk sampai ke puncak bukit dendan, karena medan nya yang tinggi serta jalan yang berliku liku membuat perjalanan terasa jauh.

Namun setelah sekian lama, bukit dendan tidak seramai seperti dulu, karena tidak ada pengolahan tingkat lanjut dari pemerintah setempat yang mengakibatkan akses jalan menuju puncak bukit dendan tidak terawat dengan baik , rumput ilalang yang tinggi serta tumbuhan liar lainya telah menutup seluruh akses jalan.

Padahal jika bukit dendan lebih dikembangkan dan dikelola dengan baik akan menjadi kebanggan tersendiri untuk daerah ini pada khususnya dan propinsi Bengkulu pada umumnya. Puncak bukit dendan ini juga memiliki bekas tower / menara peninggalan PT Telkom, sehingga apabila kita menaiki tower hingga puncak akan terlihat jelas sekali pemandangan Kota Bengkulu serta pantai nya yang biru, Kota Kepahiang dan Kota Curup pun terlihat dari atas tower.

Dipuncak bukit dendan juga terdapat beragam macam pepohonan yang sudah berumur tua, pohon jambu air, buah salak dan lain lain.

Demikianlah artikel tentang bukit dendan yang terlupakan. apabila terdapat kesalahan dalam artikel ini harap untuk menghubungi admin.

Silahkan berkomentar, komentar yang relevan itu mencerminkan karakter asli anda
EmoticonEmoticon