Tuesday, December 18, 2018

Solusi Menampilkan Preview Link Whatsapp di Wordpress

Terkadang kita dibuat bingung dengan post yang saat di share ke whatsapp tidak menampilkan preview link / thumbnail gambar kira kira seperti ini



Permasalahan ini karena

1. meta tag yang ada di tema atau template blog tidak sinkron


meta tag yang terdapat dalam tempate blog tidak singkron atau tidak beraturan, sehingga ketika link postingan yang akan di share tidak menampilkan preview gambar nya. jadi untuk fix nya sobat pakai facebook debugger , kemudian masukin link postingan sobat di halaman facebook debugger. nanti disana akan tampil detail permasalahnnya.

2. Gambar kelamaan ditarik dari blog


karena ukuran gambar terlalu besar gambar tidak akan muncul, jadi sebelum menerbitkan artikel kecilin dulu ukuran gambarnya dengan aplikasi resize , kalau saya pakai format factory.

 untuk pengguna wordpress solusi yang paling manjur adalah menginstal plugin OG.

Nah plugin OG ini tidak perlu kebanyakan setting cukup di instal lalu aktifkan. kemudian coba di cek dengan mengirim ulang link postingan tersebut apakah sudah muncul apa belum.

Tahap kedua, apabila cara diatas belum jos gak mau nampil juga. tahap selanjutnya ialah dengan meng upgrade wordpress terbaru. cara ini yang sudah saya lakukan dan terbukti ampuh sehingga preview link akan muncul seperti ini.



Demikiannlah Solusi Menampilkan Preview Link Whatsapp di Wordpress apabila ada pertanyaan kontak admin. sekian teeimakasih