Sejarah Desa Tasik Malaya Kec. Curup Utara Kab. Rejang Lebong


Desa Tasikmalaya Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu memiliki keunikan dari namanya. Konon menurut cerita masyarakat setempat, asal usul nama desa Tasikmalaya diperkirakan terjadi pada sekitar  tahun 1945 dari seorang tokoh masyarakat yang dulu merantau dari Tasikmalaya jawa barat ke curup dimana pada masa itu desa ini masih berwilayah perkebunan yang belum ada namanya.
Pada masa itu ada seorang tokoh masyarakat dengan panggilan pak mandor, beliau merantau dari jawa barat tepatnya dari daerah Tasikmalaya ke curup rejang lebong dan untuk mengenang daerah asalnya maka nama Tasikmalaya di jawa barat itu beliau dijadikan nama desa dimana belia berdomisili saat ini, sehingga wilayah perkebunan yang dulu belum ada nama jadi bernama Tasikmalaya  yang sekarang dikenal dengan nama desa Tasikmalaya terletak di wilayah Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong.

Desa Tasik Malaya Kecamatan Curup Utara, Rejang Lebong


 “Memang nama Tasikmalaya dari jawa barat yang dibawa ke sini oleh pak mandor” jelas pak Anton selaku kepala desa. Selanjutnya Pak Anton mengatakan bahwa Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun 2017-2018 di Desa Tasikmalaya ini telah di realisasikan untuk pembangunan sarana Gedung Olah Raga Desa Tasikmalaya.  Perencanaan pembangunan Gedung tersebut melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tasikmalaya dan semua unsur kelembagaan masyarakat, diantaranya  tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, hal ini juga dalam rangka menentukan kelanjutan kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) untuk pembangunan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang sesuai dengan undang undang dan peraturan peraturan yang ada di desa, dimana pembangunan infrastruktur di desa Tasikmalaya ini diharuskan menggunakan jasa konsultan sesui dengan Suber Daya Manusia (SDM) yang ada di desa.

Pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) ini penting melibatkan konsultamn dan warga masyarakat agar tidak terjadi kesalah pahaman, baik dari pekerja maupun ketika pengadaan bahan bangunan yang ada di desa. Menurut pak anton, dengan adanya ADD ini dapat memfasilitasi kebutuhan sarana prasarana warga maupun sarana prasarana desa dimana cara pengolahan dana ini tinggal tergantung dengan kesepakatan masyarakat desa akan di gunakan untuk apa ADD di desa tersebut. Selanjutnya beliau berharap, kemajuan pembangunan di desa Tasikmalaya yang dipinpinnya ini semoga menjadi cotoh bagi desa desa lain yang ada di kecamatan Curup Utara khususnya dan desa desa sekabupaten Rejang Lebong secara umum. (Rama)

0 Response to "Sejarah Desa Tasik Malaya Kec. Curup Utara Kab. Rejang Lebong"

Post a Comment

Silahkan berkomentar, komentar yang relevan itu mencerminkan karakter asli anda