Destinasi Wisata Suro Manggi di Kec. Bermani Ulu Rejang Lebong

wisata suro manggi


Suro Manggi merupakan salah satu wisata yang terdapat di Desa Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong. Awalnya areal tempat danau Suro Manggi ini merupakan lahan persawahan tempat warga setempat berladang, dengan melihat kekayaan air yang melimpah dibentuklah suatu danau buatan yang dinamakan Suro Manggi. Wisata ini hanyalah danau buatan yang dibentuk warga sekitar dan di bantu oleh Kepala Desa Purwodadi setempat.“Pertama kali kegiatan pembuatan danau ini kami lakukan secara bersama-sama dengan warga setempat sebagai salah satu bentuk semangat warga untuk memajukan desa, pembentukannya pun kami menggunakan alat manual seperti Cangkul, Parang, yang kami gunakan untuk menggalinya, untuk membuat tanaman dan membentuk danau buatan tersebut”. Ujar Pak Fitra Hidayat selaku Kepala Dusun setempat.

Fitra Hidayat kadus Desa Purwodadi


 Pengelolaan suro manggi ini perlahan mulai berkembang, dari danau yang sudah terbentuk kemudian dilanjutkan dengan pembuatan wisata Jalan untuk dilakukannya kegiatan Cross yang sering digunakan untuk menyalurkan hoby dan bakatnya di bidang olahraga motor Cross. Tempat yang strategis membuat tempat ini mudah untuk dijangkau masyarakat luas dengan hanya menempuh jarak satu jam perjalanan dari Kota Curup dan dapat pula dijangkau menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Suro Manggi terbentuk dari tahun 2016 yang kami mulai dengan merintis sedikit demi sedikit, kemudian pada tahun 2017 mulai dikenal dikalangan masyarakat Purwodadi saja, belum tersebar di Masyarakat luas. Dengan berbagai upaya dilakukan penyebaran wisata ini, muncul inisiatif penggerak pembangkitan wisata untuk membentuk Jalan disekeliling danau yang digunakan anak muda untuk kegiatan motor Cross.

 Dengan inisiatif yang ditimbulkan tersebut membuat wisata ini perlahan mulai dikenal masyarakat luas, mulai dari masyarakat didaerah tersebut, sampai masyarakat luar wilayah Rejang Lebong. Dengan keindahan dan tempat yang sangat mendukung membuat suro manggi menjadi Spot wisata yang banyak diminati, apalagi dengan ditumbuhi tanaman kebun bunga yang berada di tengah-tengah danau menjadikan tempat spot wisatawan berfoto ria dilengkapi dengan perahu yang menjadi pengantar pengunjung untuk sampai kekebun bunga tersebut. Sampai sekarang wisata ini masih melakukan perubahan secara perlahan perbaikan demi perbaikan dilakukan demi membentuk spot wisata yang lebih baik lagi, dan banyak dikunjungi wisatawan asing, harapan Pak Fitra Sebagai Kepala Dusun “semoga kedepannya Suro Manggi ini lebih banyak lagi dikenal oleh masyarakat luas, dan Pemerintahpun juga ikut serta didalam pembangunan pariwisata kami ini, dengan majunya Suro Manggi ini maka sedikit demi sedikit dapat membuka lapangan pekerjaan bagi sebagian masyarakat desa Purwodadi ini.” Ungkap Pak Fitra sambil menutup Perbincangan kepada salah satu awak media kami. Rev/Fer/Yos/San

0 Response to "Destinasi Wisata Suro Manggi di Kec. Bermani Ulu Rejang Lebong"

Post a Comment

Silahkan berkomentar, komentar yang relevan itu mencerminkan karakter asli anda