Cara liputan berita yang baik dan benar

Cara liputan berita yang baik dan benar-  jurnalis profesional adalah mereka yang membuat berita yang berimbang dan sesuai dengan fakta dilapangan, sebuah liputan berita yang di publikasikan pun harus real dan tentunya tidak mengandung unsur hoax.



Rumus meliput berita pada dasarnya ada enam, yaitu what (Apa beritanya) when (Kapan peristiwa itu ) where (dimana peristiwa itu terjadi) who (siapa tsaja yang terlibat) why (mengapa peristiwa tersebut terjadi) dan how (bagaimana peristiwa itu terjadi) atau yang lebih singkatnya 5W + 1H. Rumus tersebut merupakan kunci dasar seorang jurnalis dalam meliput berita.

Berita yang berimbang tentunya sangat penting gays, apalagi pada saat sekarang ini  generasi manusia sudah pinter dan melek teknologi ditambah lagi perkembangan  media berita yang semakin pesat, baik itu media cetak maupun media elektronik. So, berita yang harus publikasikan pun harus tau asal usul nya dan harus tau sumbernya .

Berikut adalah Cara liputan berita yang baik dan benar

1. carilah berita dengan narasumber yang jelas

Saat mencari sebuah berita, seorang jurnalis dituntut berani untuk mencari sumber yang terpercaya dan jelas asal usulnya, karena apa yang kita bagikan ke publik bukanlah sekedar informasi yang abal-abal dan publik yang kita hadapi pun bermacam macam tingkatan. kalau salah saja dalam pengambilan data bisa-bisa media kita akan dituntut. Setidaknya narasumber yang kita wawncarai harus jelas dan yang paling penting kita harus menghargai hak jawab narasumber dalam arti jangan sampai memaksakan pertanyaan kita ajukan.

2. Klarifikasi 

Pada poin ini sangat penting, klarifikasi atau penjelasan yang nyata dari narasumber merupakan hal wajib yang dilakukan saat melakukan peliputan berita. Dengan cara klarifikasi, semua pihak yang terkait dalam suatu peristiwa tidak akan dirugikan.

3. Berita yang mengalir apa adanya

Berita itu ada dua jenis, yang pertama berita yang baik dan berita yang tidak baik, berita yang tidak baik terkadang menjadi suatu ujian bagi para jurnalis saat meliput, alih-alih ingin meliput berita investigasi banyak dari para jurnalis mengambil suatu keuntungan yang batil dari peliputan tersebut, keuntungan yang batil (salah) tersebut beragam bentuknya, contoh : memeras narasumber dengan nominal yang besar dengan dalih tidak akan diberitakan kasus nya kecuali membayar sejumlah uang bla bla bla dan masih banyak contoh-contoh yang lainya. Cara seperti itu tentunya sangat tidak dibenarkan, karena jurnalis yang baik tidak seperti itu. apapun berita yang didapat, itulah yang harus di naik kan ke permukaan.

Demikianlah artikel singkat ini, semoga bermanfaat

Disclaimer : berdasarkan riset dilapangan


2 Responses to "Cara liputan berita yang baik dan benar"

  1. Benar seperti apa yang dijelaskan oleh artikel diatas, tidak ada keraguan bagi seseorang untuk melihat artikel ini, mantap min

    ReplyDelete
  2. hh.. iya gan. terimakasih sudah berkunjung

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, komentar yang relevan itu mencerminkan karakter asli anda